Pesan Pangeran Antasari : " Lamun tanah banyu kita kahada handak dilincai urang .... Jangan bacakut papadaan kita "
(Kalau tidak ingin tanah air kita diobrak - abrik orang .... Jangan bertengkar, apalagi berantam sesama kita)

KH. Ahmad Mughni bin KH. Ismail


KH. Ahmad Mughnie bin KH. Ismail


Tuan Guru KH. Ahmad Mughnie bin KH. Ismail bin KH. Muhammad Thahir atau “Ayah Negara”  begitu panggilan akrab beliau adalah seorang ulama kharismatik yang memiliki kedudukan yang agung dan keilmuan yang tinggi disisi Allah SWT. Beliau adalah ayah dari KH. Muhammad Bakhit pengasuh pondok pesantren Nurul Muhibbin Barabai dan pemimpin Thariqat Alawiyyin. 

Tuan Guru KH. Ahmad Mughnie lahir di Negara. Penulis tidak tahu persis tanggal dan tahun kelahiran beliau, namun tempat lahirnya ada yang bilang di desa Pasungkan kecamatan Daha Utara kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Sejak kecil beliau sudah dididik berbagai macam ilmu agama dan adab oleh orang tua beliau yang juga seorang ulama besar di Negara (HSS). Tidak mengherankan kalau di masa remaja beliau sudah menguasai macam-macam ilmu agama baik zhahir maupun bathin. Untuk memperdalam dan memperluas ilmu beliau juga belajar (mengaji) di Mekkah selama beberapa tahun dan sempat melaksanakan ibadah haji sebanyak tujuh kali (7X). Di Mekkah beliau belajar pada beberapa guru besar dan terkenal di antaranya adalah : 
Syaikh Umar Hamdan Al-Mahrasi At-Tunisie
(Syaikh Umar Hamdan, atau lengkapnya Syaikh Umar bin Hamdan bin Umar bin Hamdan bin Ahmad Al-Mahrasi lahir di Jirbah, Tunisia, pada tahun 1292 H/1875 M. Wafat di Madinah pada tanggal 9 Syawwal 1368 H bertepatan dengan tanggal 4 Agustus 1949 M dan dimaqamkan di Baqi')


Syaikh Sayyed Muhsin Al Musawa
(Beliau adalah pendiri Madrasah Darul ‘Ulum Ad-Diniyyah Makkah. Nama lengkapnya Sayyed Muhsin bin Ali bin Abdurrahman Al-Musawa Al-Falimbani. Beliau lahir di kota Palembang (Sumatera Selatan) pada tahun 1323 H. dan wafat di Mekkah pada bulan Jumadil Akhir tahun 1354 H)


Habib Alwi bin Abbas Al-Maliki
(Beliau adalah ayah dari Habib Muhammad Al-Maliki Al-Hasani. Nama lengkap beliau adalah Sayyid ‘Alawi bin ‘Abbas bin ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abbas bin Muhammad al-Maliki al-Idrisi al-Hasani. Beliau dilahirkan di Makkah pada tahun 1328 H dan wafat di Makkah pula pada tanggal 25 Shafar 1391 H atau pada tahun 1971 M)


Syaikh Sayyed Amin Al-Kutbi
(Nama lengkapnya Muhammad Amin bin Muhammad Amin bin Muhammad Shalih bin Muhammad Husein Al-Kutbi Al-Hanafi Al-Hasani, lahir di Mekkah Al-Mukaramah tahun 1327 H. Wafat pada hari Senin 4 Muharram 1404 H dan dimakamkan di samping maqam syekh As-sayyid Alawi Al-Maliki)


Syaikh Hasan Al-Masyath
(Nama lengkap beliau adalah Hasan bin Muhammad bin 'Abbas bin 'Ali bin 'Abdul Wahid al-Masyath al-Makki al-Maliki. Dilahirkan di Makkah pada 3 Syawwal 1317 H dan wafat di Makkah pada hari Rabu tanggal 7 Syawwal 1399 H)

Pada tahun 1933 beliau pulang ke tanah air, atas perintah guru beliau yang mendapat kabar secara kasyaf bahwa orangtua beliau sedang sakit keras.
------------
Sehari-harinya beliau dedikasikan hanya untuk mengajar ilmu agama dan beribadah. Selain di Barabai beliau juga pernah mengajar di beberapa tempat seperti Walangku kecamatan Labuan Amas Utara (HST) dan Penyuran Amuntai (HSU).
Beliau dikenal sangat tawadhu’, wara’ dan sangat  disiplin waktu. Selain itu masyarakat juga mengenal beliau sebagai orang yang arif dan bijak dalam menyampaikan dakwah dan nasehat kepada umat serta dermawan sehingga tidak jarang beliau mengasih uang kepada murid-murid beliau.

Apakah beliau keturunan Syiekh Muhammad Arsyad Al Banjary ?

Seseorang pernah bercerita kepada saya, yang katanya cerita ini bersumber dari pihak keluarga beliau, mengatakan bahwa ketika beliau ditanya tentang siapa moyang beliau ?

Beliau menjawab dengan menyebutkan beberapa nama, mulai dari ayah beliau yang bernama KH. Ismail, kemudian kakek yang bernama H. Muhammad Thahir, hingga berhenti pada nama datuk yang bernama "Syihabuddin". 

Ketika ditanya siapa ayah Syihabuddin ? Beliau enggan untuk menjawab dan berkata (dalam bahasa Banjar) : "KAINA AGAK ... URANG NANG ALIMNYA". Maksudnya : "nanti sombong ... dengan membanggakan kealiman orang lain atau leluhur, sedangkan dirinya dalam kebodohan".

Apakah Syihabuddin yang di maksud itu anak syiekh Muhammad Arsyad Al Banjary ?
Inilah teka-teki yang harus dipecahkan ... !!! 
Karena kita sudah maklum bahwa syiekh Muhammad Arsyad Al Banjary ada memiliki seorang putera bernama Syihabuddin dari istri beliau yang bernama Bidur (Baiduri). 

Terkait pertanyaan di atas, saya mencoba mencari sedikit informasi tentang hal tersebut,dan hasilnya sebagai berikut : 
Banyak dari pihak keluarga beliau yang berkeyakinan bahwa beliau adalah keturunan syiekh Muhammad Arsyad Al-Banjary. Hal serupa juga ditegaskan oleh seorang pengurus Masigit Basar (Masjid Besar) Alabio yang mengatakan bahwa kakek beliau yang bernama KH. Muhammad Thahir adalah keturunan syiekh Muhammad Arsyad Al-Banjary.
Ketika saya berziarah ke makam DATU ABBAS pendiri masjid Su'ada (Masigit Ba angkat) yang terletak di desa Wasah Hilir kec. Simpur kab, Hulu Sungai Selatan, saya mendapati sebuah silsilah keluarga terpampang di dinding kubah, setelah saya amati, saya menemukan sebuah nama yaitu "M.TAHER", lantas hal tersebut saya konfirmasikan dengan orang yang ada di kubah, orang itupun membenarkan kalau M.TAHER itu bermakam di dekat Masjid Besar Alabio.


---------------

Pada tanggal 10 Dzul Hijjah 1414 H beliau wafat di Barabai dan dimakamkan di komplek kuburan muslimin Telaga Airmata Barabai.

 Makam Ayah Negara sebelum dipugar
dan
yang sudah dipugar
(makam beliau yang di belakang ... yang di depan istri beliau)




Kubah Ayah Negara sebelum dipugar
dan
yang sudah dipugar

Komplek kuburan muslimin Telaga Airmata Barabai

Informasi Tambahan :

>> Ayah beliau KH. Ismail lahir di Alabio kabupaten Hulu Sungai Utara dan wafat di desa Pasungkan kecamatan Daha Utara Nagara kabupaten Hulu Sungai Selatan.
Makam KH. Ismail bin KH. M. Thahir di desa Pasungkan kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sumgai Selatan.

>> Kakek beliau KH. Muhammad Thahir wafat di Alabio kabupaten Hulu Sungai Utara, makamnya berada di desa Pandulangan kecamatan Sungai Pandan di samping (dekat mihrab) sebuah mesjid tua yang di kalangan penduduk setempat lebih dikenal dengan sebutan "MASIGIT BASAR".
Plang nama masjid

Makam KH. Muhammad Thahir

Masigit Basar (Masjid Besar) Alabio

10 komentar:

  1. apakah anda punya informasi lebih soal tempat tanggal kelahiran beliau dan benarkah beliau juga keturunan syekh muhammad arsyad al banjary ...??? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak tahu persis tanggal dan tahun kelahiran beliau, namun tempat lahirnya ada yang bilang di desa Pasungkan kec. Daha Utara kab. Hulu Sungai Selatan.
      Apakah beliau keturunan Syehk Muhammad Arsyad Al Banjary ?
      Seseorang pernah bercerita kepada saya, yang katanya cerita ini bersumber dari pihak keluarga beliau, mengatakan bahwa ketika beliau ditanya tentang siapa moyang beliau ? Beliau menjawab dengan menyebutkan beberapa nama, dari ayah, kakek, datuk dan seterusnya hingga berhenti pada sebuah nama yaitu "Syihabuddin". Ketika ditanya siapa ayah Syihabuddin ? beliau enggan untuk menjawab.

      Kita sudah maklum bahwa salah satu putera syiehk M. Arsyad Al Banjary ada yang bernama Syihabuddin.

      Demikian informasinya ... semoga bermanfaat ... Amin !!!

      Hapus
    2. Umpat betakun... Boleh lah..umpat bekakun...kawa lh pian menulisakn sebarataan dingsanaknya H M Thahir..
      Di tunggu balasan nya

      Hapus
    3. Maaf,,,sanak lah..uln umpat betakun...kalo alamat lengkap ya sidin datu KH.MUHAMMAD TAHER...di mana yu sanak...uln handak ziarah ketempat sidin,tapu uln kd tahu alamat sidin...lawas uln becari kd dpt"...pas meliat postingan pian asa ia.ini sidin.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. PUSAT-PELET AMPUH JARAK JAUH
    SELAMAT DATANG
    SITUS DUKUN PELET TERPERCAYA...!


    Jasa Dukun Pelet adalah Orang yang memiliki kemampuan menggunakan kekuatan sihir terhadap manusia, baik laki laki ataupun perempuan yang akan menjadi sasaran peletnya, sedangkan
    Pelet adalah: Tradisi mistik dan spiritual yang merupakan Jenis ilmu gaib yang berfungsi untuk mempengaruhi alam bawah sadar seseorang agar jatuh cinta kepadaa orang yang mengirim pelet tersebut, meskipun konsep universal ditempuh dengan metode-metode yang berbeda.
    Setiap masyarakat yang meyakini adanya “KEKUATAN GAIB”, pastilah mereka mengenal berbagai ilmu spiritual, termasuk ilmu yang fungsinya untuk percintaan seperti Ilmu Pelet.
    Sebetulnya tidak hanya di jawa, disetiap belahan dunia selalu kenal namanya “MANTRA CINTA”. Meskipun mungkin namanya bukan Ilmu Pelet, tapi fungsinya sama, yaitu untuk menanamkan rasa cinta di hati sasaran.
    Bahkan Seiring berkembangnya teknologi di Era tahun 2012 sampai sekarang, pelet bisa dilakukan dengan mudah. Mengapa bisa dilakukan dengan mudah?, karena Zaman sekarang munculnya jejaringan sosial yang semakin mempermudah untuk menemukan foto sasaran yang anda incar. Jadi, bagi anda yang benar-benar ingin melakukan pelet, anda tidak lagi kesulitan untuk melakukannya, karena pelet bisa dilakukan dengan mudah melalui bantuan sosial media. Seperti yang kita saksikan banyak di sosial media yang punya kekurangan tentang fisik atau mental bisa mendapatkan pasangan ideal dan hampir sempurna.
    JIKA BERMINAT DENGAN AJIAN PELET DIBAWA INI SILAHKAN KUNSULTASI ...!

    MBAH SEWOO.
    NO;WA CALL-082-351-191-799.
    NO;TLPN/SMS-082-351-191-799.

    BERIKUT AJIAN-AJIAN PELET SERTA FUNGSINYA:
    1. AJI PENGASIH SUKMO
    Ajian ilmu pelet kuno yang ditujukan langsung ke akal pikiran yang anda tuju, sehingga orang yang kena ajian ini akan rindu, kangen setengah mati atau ingin selalu dekat dan tergila gila dengan anda.
    2. AJI PUTER GILENG CIPTO TRESNO
    Ilmu pelet tingkat tinggi khusus untuk mengikat hati pasangan hidup anda, seperti suami/ istri pacar/ tunangan yang berpaling ke lain hati atau meninggalkan anda agar kembali lagi.
    3. AJIAN TRESNO SEJATI
    Ajian ilmu kuno yang dipake nenek moyang untuk meluluhkan Hati pasangan anda yang keras, galak juga crewet dan susah diatur/ dinasehati, inginnya menang sendiri.
    4. PELET ASMORO BANGUN
    Ilmu pelet khusus untuk ditujukan pada pasangan anda yang gemar selingkuh dan jarang pulang, dengan ajian ini insya Allah pasangan anda akan berubah total dan akan lebih baik juga Hati dan pikirannya hanya untuk anda
    5. PELET DEWI ASIH
    Ilmu pengasihan tingkat tinggi untuk mengharmoniskan dan melanggengkan pasangan anda agar tambah lengket, mesra dan setia.
    6. PELET PEDOT SIH
    Ilmu pelet kuno yang khusus ditujukan untuk memisahkan hubungan pil/wil.
    7. AJIAN PELET JARAN GOYANG
    Ajian khusus pelet ampuh yang sangat ganas, khusus Homo/ lesbi supaya tambah sayang dan nurut pada anda, bahkan tidak akan lepas/ meninggalkan diri anda.Jasa Dukun Pelet adalah program yang sangat ampuh dan spektakuler untuk mengatasi problem anda yang sudah buntu atau tidak menemukan solusi sama sekali untuk semua problem baik jabatan, usaha, bisnis, karir, asmara dan lain lain.
    Ajian yang sangat ampuh dan spektakuler untuk mengatasi problem anda yang sudah buntu atau tidak menemukan solusi sama sekali untuk semua problem baik jabatan, usaha, bisnis, karir, asmara dan lain lain.

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh ... Umpat batakun sanak lah ... Bini Sidin syeh Muhammad Thaher ini ada berapa ... Maaf ampun barelaan

    BalasHapus
  5. Ulun minta maaf umpat betakun kai ulun makam nya diparak sidin nama sidin ali badrun bin taher ulun kd tahu nama lengkap sidin tapi di makam itu betulisan bin taher aja ulun betakun ke keluarga yg dibarabai kd tahu kuburan datu ulun itu dimana inggih itu aja mohon maaf kalo salah minta maaf minta rela🙏

    BalasHapus
  6. assalamualaikum.
    ulun umpat btakun, KH Muhammad Taher ini sidin selain baisi anak bernama KH Ismail Nagara, apakah ada jua anak sidin yg bernama Abdurrasyid. minta rela.

    BalasHapus